PEMETAAN KOMPETENSI ULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Sekolah :
SMP Waktu : 90 menit
Mata pelajaran : Bahasa Jawa Jumlah Soal : 50 soal pilihan ganda
Kelas/ semester : VII/ 2 Kurikulum Acuan : K13
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator KD
|
No Soal
|
1
|
3.4 Memahami geguritan
|
Geguritan
|
Siswa
dapat menentukan ciri-ciri geguritan
|
1
|
Siswa
mampu mengartikan kata-kata sulit dalam geguritan
|
2, 3, 4
|
|||
Siswa
mampu menemukan purwakanthi dalam geguritan
|
5
|
|||
Siswa
mampu menyebutkan isi geguritan
|
6
|
|||
Siswa mampu
menyebutkan teknik 4W dalam membaca geguritan
|
7, 8, 9, 10,
11
|
|||
2
|
4.4 Menyusun geguritan sederhana
|
Geguritan
|
Siswa mampu
menyebutkan unsur-unsur / struktur dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
proses penulisan geguritan
|
12, 13, 14, 15
|
Siswa dapat
menentukan tema geguritan
|
16,
|
|||
Siswa
mampu memahami geguritan dan mampu
menyebutkan isi geguritan
|
17, 18
|
|||
Siswa
mampu mengartikan kata-kata sulit dalam geguritan
|
19, 20
|
|||
Siswa
mampu menemukan purwakanthi dalam geguritan
|
21, 22
|
|||
Siswa
dapat menentukan ciri-ciri geguritan
|
23, 24
|
|||
Siswa dapat melengkapi
geguritan dengan pemilihan diksi yang tepat
|
25
|
|||
3
|
3.5 Memahami
lagu dolanan dan tembang Macapat
Kinanthi
|
Tembang Dolanan
Tembang
Dolanan
|
Siswa dapat menentukan
arti kata dalam tembang dolanan
|
26, 27, 28
|
Siswa dapat memahami
tembang dolanan dan menyebutkan isi yang terdapat dalam tembang dolanan
|
29, 30
|
|||
Siswa dapat memahami
makna yang terkandung dalam tembang dolanan
|
31, 32
|
|||
Siswa dapat memahami
ciri-ciri tembang dolanan
|
33
|
|||
Siswa
dapat memahami penggunaan tembang dolanan dalam permainan tradisional
|
34, 35
|
|||
Siswa
dapat memahami permainan tradisional yang terkait dengan tembang dolanan
|
36, 37
|
|||
Tembang Macapat (Kinanthi)
|
Siswa
dapat memahami penggolongan karya sastra Jawa, khususnya tembang macapat
|
38
|
||
Siswa
dapat menyebut penggolongan, ciri-ciri tembang kinanthi dan dapat memahami /
menyimpulkan tembang kinanthi serta dapat menyebutkan isinya
|
39, 40, 41,
42, 43, 44, 45, 46, 47
|
|||
4
|
3.6 Memahami teks khusus
yang berupa kalimat sederhana beraksara Jawa.
|
Aksara Jawa
|
Membaca
frasa/ kalimat sederhana beraksara Jawa menggunakan sandhangan dan pasangan
|
48
|
5
|
Suplemen:
Memahami
tokoh dan watak wayang dalam cerita wayang Mahabharata dan Ramayana
|
Wayang
|
Menyebutkan
salah satu nama tokoh wayang, dalam cerita Mahabharata
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar