KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR
SEMESTER I (PAS)
MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS VIII/SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Jenis Sekolah : SMP/MTs Alokasi
Waktu : 90 Menit
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa Jumlah
Soal : 50
Kurikulum : Kurikulum 2013 Kelas/
Semester : VIII/ 1
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK SOAL
|
NO
SOAL
|
1
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Memahami
berbagai fungsi teks lisan sesuai dengan unggah-ungguh Jawa.
|
Unggah-ungguh
basa
|
Disajikan sebuah
teks peserta didik dapat
menentukan arti dari unggah-ungguh Bahasa Jawa
|
PILIHAN GANDA
|
1
|
|
Disajikan sebuah teks peserta didik dapat menentukan
isi dari bacaan
|
|
2
|
|||
Disajikan sebuah teks peserta didik dapat menentukan
pendapatnya tentang isi dari bacaan
|
|
3
|
||||
Disajikan sebuah kalimat peserta didik
menentukan sikap untuk masuk kelas ketika terlambat
|
|
4
|
||||
Disajikan paragraf peserta didik menentukan
sikap yang sesuai dengan unggah-ungguh untuk meminta ijin
|
|
5
|
||||
Disajikan kalimat peserta didik menentukan
sikap yang sesuai dengan unggah-ungguh untuk memberi tanggapan ketika ada
orang memuji dirinya
|
|
6
|
||||
Disajikan kalimat peserta didik menentukan
sikap yang sesuai dengan unggah-ungguh untuk memuji
|
|
7
|
||||
Disajikan kalimat peserta didik menentukan
sikap yang sesuai dengan unggah-ungguh untuk meminta ijin meminjam buku
|
|
8
|
||||
Disajikan kalimat peserta didik menentukan
sikap yang sesuai dengan unggah-ungguh untuk meminta ijin pulang
|
|
9
|
||||
Disajikan kalimat peserta didik menentukan
sikap yang sesuai dengan unggah-ungguh untuk meminta ijin ke kamar mandi
|
|
10
|
||||
Disajikan kalimat peserta didik menentukan
sikap yang sesuai dengan unggah-ungguh untuk meminta ijin pulang
|
|
11
|
||||
Disajikan kalimat peserta didik menentukan
sikap yang sesuai dengan unggah-ungguh untuk meminta perhatian
|
|
12
|
||||
Disajikan kalimat peserta didik menentukan
sikap yang sesuai dengan unggah-ungguh untuk meminta perhatian untuk orang
meninggal
|
|
13
|
||||
2
|
3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
3.2.memahami strstegi Menyimak berita berbahasa Jawa.
|
Berita berbahasa Jawa
|
Disajikan beberapa kalimat siswa dpt menemukan
pawarta kapan dianggap penting
|
|
14
|
Disajikan satu paragraf berita siswa dapat menentukan
intisari
berita
|
|
15
|
||||
Disajikan
beberapa kalimat siswa dapat menemukan arti kata wewengkon
|
|
16
|
||||
Disajikan satu paragraf berita siswa dapat menentukan isi berita
|
|
17
|
||||
Disajikan satu paragraf berita siswa dapat menentukan isi berita
|
|
18
|
||||
Disajikan satu paragraf berita yang belum lengkat siswa dapat menentukan kata untuk melengkapi paragraf tersebut
|
|
19
|
||||
Disajikan
beberapa kalimat siswa dpt menemukan carane nulis tanggapan.
|
|
20
|
||||
Disajikan
beberapa kalimat siswa dapat menemukan gunane tanggapan sebuah berita.
|
|
21
|
||||
Disajikan
beberapa kalimat siswa dpt menemukan apa saja yang tidak termasuk ciri-ciri pawarta.
|
|
22
|
||||
Disajikan beberapa kalimat siswa dpt menemukan
pawarta kapan dianggap penting
|
|
23
|
||||
Disajikan beberapa kalimat siswa dpt menemukan sarat-sarat judul pawarta
|
|
24
|
||||
Disajikan
beberapa kalimat siswa dpt menemukan teras pawarta
|
|
25
|
||||
Disajikan
beberapa kalimat siswa dpt menemukan arti 5W+1H
|
|
26
|
||||
Disajikan
beberapa kalimat siswa dapat menemukan arti kata where dalam bahasa Jawa
|
|
27
|
||||
Disajikan
beberapa kalimat siswa dapat menemukan penerapan arti kata when dalam bahasa Jawa
|
|
28
|
||||
Disajikan
beberapa kalimat siswa dapat menemukan arti kata when dalam bahasa Jawa
|
|
29
|
||||
Disajikan
beberapa kalimat siswa dapat menemukan penerapan arti kata what dalam bahasa Jawa
|
|
30
|
||||
Disajikan
beberapa kalimat siswa dapat menemukan arti kata when dalam bahasa Jawa
|
|
31
|
||||
Disajikan
beberapa kalimat siswa dapat menemukan arti kata who dalam bahasa Jawa
|
|
32
|
||||
Disajikan
beberapa kalimat siswa dapat menemukan arti kata where dalam bahasa Jawa
|
|
33
|
||||
Disajikan
beberapa kalimat siswa dapat menemukan tujuan berita
|
|
34
|
||||
Disajikan 1 paragraf berita siswa dapat menemukan inti dalam berita tersebut.
|
|
35
|
||||
Disajikan
satu paragraf berita Siswa dapat menemukan kalimat tanya untuk paragraf tersebut
|
|
36
|
||||
Disajikan
beberapa kalimat siswa dapat menemukan cara membaca berita
|
|
37
|
||||
Disajikan 1 paragraf berita siswa dapat menemukan inti dalam berita tersebut.
|
|
38
|
||||
Disajikan 1 paragraf berita siswa dapat menemukan sumber dalam berita tersebut.
|
|
39
|
||||
Disajikan 1 paragraf berita siswa dapat menemukan isi dalam berita tersebut.
|
|
40
|
||||
|
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
3.4. Memahami cerita pendek berbahasa
Jawa (cerkak).
|
Cerita pendek berbahasa Jawa
(cerkak)
|
Disajikan
penggalan cerkak siswa dapat menentukan latar tempat yang terdapat dalam cerkak tersebut
|
|
41
|
Disajikan
penggalan cerkak siswa dapat menemukan paraga/ tokoh yang terdapat dalam cerkak tersebut.
|
|
42
|
||||
Disajikan
penggalan cerkak siswa dapat menemukan budi pekerti yang terdapat dalam
cerkak tersebut.
|
|
43
|
||||
Siswa dapat menentukan unsur-unsur cerkak
|
|
44
|
||||
Siswa dapat menentukan unsur-unsur cerkak
|
|
45
|
||||
Disajikan
penggalan cerkak siswa dapat menentukan latar tempat yang terdapat dalam cerkak tersebut.
|
|
46
|
||||
Disajikan
penggalan cerkak siswa dapat menemukan budi pekerti yang terdapat dalam
cerkak tersebut
|
|
47
|
||||
Disajikan
penggalan cerkak siswa dapat menemukan paraga/ tokoh yang terdapat dalam cerkak tersebut.
|
|
48
|
||||
Disajikan
penggalan cerkak siswa dapat menentukan latar wektu
yang terdapat dalam cerkak tersebut.
|
|
49
|
||||
Disajikan
kalimat siswa dapat menentukan arti kata
konflik
|
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar