SKL UJIAN TULIS
BAHASA JAWA
2016-2017
KOMPETENSI
INTI
|
SKL
|
MATERI
|
1.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
1. Menyimak
Memahami wacana lisan tentang teks
untuk , menyatakan berbagai maksud dan tujuan dalam masyarakat sesuai dengan
unggah-ungguh Jawa penyampaian
berita, pidato/sesorah, pembawa
acara/pranatacara dan pembacaan
berbagai karya sastra berbentuk geguritan,
parikan, cangkriman, prosa fiksi/cerkak, dan cerita wayang, kalimat sederhana beraksara Jawa dalam kerangka budaya Jawa.
|
1.
Menanggapi
parikan
2.
Menanggapi
cangkriman
3.
Menanggapi
cerita
pengalaman
4.
Menanggapi
cerita wayang
5.
Menanggapi
cerita pendek kegiatan sekolah dan masyarakat
6.
Mengungkapkan
dan menanggapi teks pembawa acara kegiatan sekolah dan lingkungan tempat
tinggal
7.
Mengungkapkan
dan menanggapi teks sesorah kegiatan sekolah dan lingkungan tempat tinggal
8.
Menanggapi
berita berbahasa Jawa
9.
Menanggapi teks syair tembang dolanan
10.
Menanggapi teks syair tembang Macapat (Kinanti,
Pangkur, Maskumambang)
11.
Memahami
teks untuk , menyatakan berbagai maksud dan tujuan dalam masyarakat sesuai
dengan unggah-ungguh Jawa
12.
Memahami karya jurnalistik Jawa
13.
Memahami
teks khusus yang berupa kalimat sederhana beraksara Jawa
|
2.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori.
|
2.
Berbicara
Mengungkapkan
gagasan, menanggapi dan mendiskusikan ragam wacana lisan baik sastra maupun
non sastra dalam bentuk geguritan,
parikan, cangkriman, karya sastra prosa,
cerkak, teks percakapan tentang cerita wayang, praktek membaca cerita pendek,
melagukan tembang Kinanthi, Pangkur, dan Maskumambang, wacana percakapan untuk berbagai
keperluan di rumah dan sekolah sesuai dengan unggah-ungguh Jawa. , pranatacara, sesorah, crita pengalaman dalam kerangka budaya Jawa.
|
1.
Mengungkapkan
dan menanggapi parikan.
2.
Mengungkapkan
dan menanggapi cangkriman
3.
Menceritakan
dan menanggapi wacana crita pengalaman
4.
Membawakan
teks percakapan tentang cerita wayang.
5.
Praktik
membaca cerpen.
6.
Mendiskusikan
praktik membaca cerpen
7.
Melagukan
tembang Kinanthi.
8.
Melagukan
tembang Pangkur dan Maskumambang.
9.
Mendiskusikan
praktik pembawa acara
10.
Mendiskusikan
praktik sesorah./pranatacara.
11.
Mempraktikan
teks percakapan untuk berbagai keperluan di rumah dan sekolah sesuai dengan unggah-ungguh Jawa.
|
3.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/ teori.
|
3.
Membaca
Menggunakan
berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai bentuk wacana tulis dalam
kegiatan pidato/sesorah, pembawa
acara/pranatacara, wacana beraksara
Jawa dan berbagai karya sastra berbentuk geguritan,
parikan, cangkriman, tembang, wangsalan, cerita pendek, paragraf
sederhana beraksara Jawa dalam kerangka budaya Jawa.
|
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/ teori.
|
4.
Menulis
Melakukan
berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam berbagai karya tulis,
cerita pengalaman, karangan, teks sesorah,
berita aktual , karya sastra dalam bentuk
geguritan,
cangkriman,wangsalan, parikan,
prosa (fiksi), cerita wayang, cerita pendek, cerita bergambar paragraf sederhana
beraksara Jawa dalam
kerangka budaya Jawa.
|
1.
Mengungkapkan
dan menanggapi wacana crita pengalaman.
2.
Menulis
karya sastra prosa (fiksi).
3.
Menuliskan
kembali pengalaman tentang cerita
4.
Menulis
cerkak kegiatan sekolah wayan
5.
Menulis
cerkak kegiatan lingkungan tempat tinggal
6.
Menulis
teks sesorah kegiatan sekolah.
7.
Menulis
teks berita actual etika berlalulintas di jalan umum..
8.
Menulis
tanggapan teks berita actual..\
9.
Menulis
paragraf sederhana beraksara Jawa
10.
Menyusun
teks lisan untuk berbagai keperluan di rumah dan sekolah sesuai dengan unggah-ungguh Jawa.
|
Bu ini yg buat usek bsk?
BalasHapusAda isian ga bu?