Rabu, 08 Maret 2017

SKL UJIAN SEKOLAH BAHASA JAWA KELAS IX TAHUN 2017

SKL UJIAN TULIS BAHASA JAWA
2016-2017
KOMPETENSI INTI
SKL
MATERI
1.            Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
1.  Menyimak
Memahami wacana lisan tentang teks untuk , menyatakan berbagai maksud dan tujuan dalam masyarakat sesuai dengan unggah-ungguh Jawa penyampaian berita, pidato/sesorah, pembawa acara/pranatacara dan pembacaan berbagai karya sastra berbentuk geguritan, parikan, cangkriman,  prosa fiksi/cerkak, dan cerita wayang, kalimat sederhana beraksara Jawa  dalam kerangka budaya Jawa.

1.      Menanggapi parikan
2.      Menanggapi cangkriman
3.      Menanggapi cerita pengalaman
4.      Menanggapi cerita wayang
5.      Menanggapi cerita pendek kegiatan sekolah dan masyarakat
6.      Mengungkapkan dan menanggapi teks pembawa acara kegiatan sekolah dan lingkungan tempat tinggal
7.      Mengungkapkan dan menanggapi teks sesorah kegiatan sekolah dan lingkungan tempat tinggal
8.      Menanggapi berita berbahasa Jawa
9.      Menanggapi teks syair tembang dolanan
10.   Menanggapi teks syair tembang Macapat (Kinanti, Pangkur, Maskumambang)
11.   Memahami teks untuk , menyatakan berbagai maksud dan tujuan dalam masyarakat sesuai dengan unggah-ungguh Jawa
12.   Memahami karya jurnalistik Jawa
13.   Memahami teks khusus yang berupa kalimat sederhana beraksara Jawa


2.            Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
2.    Berbicara
Mengungkapkan gagasan, menanggapi dan mendiskusikan ragam wacana lisan baik sastra maupun non sastra dalam bentuk geguritan, parikan, cangkriman, karya sastra prosa, cerkak, teks percakapan tentang cerita wayang, praktek membaca cerita pendek, melagukan tembang Kinanthi, Pangkur, dan Maskumambang, wacana percakapan untuk berbagai keperluan di rumah dan sekolah sesuai dengan unggah-ungguh Jawa. , pranatacara, sesorahcrita pengalaman dalam kerangka budaya Jawa.

1.      Mengungkapkan dan menanggapi parikan.
2.      Mengungkapkan dan menanggapi cangkriman
3.      Menceritakan dan menanggapi wacana crita pengalaman
4.      Membawakan teks percakapan tentang cerita wayang.
5.      Praktik membaca cerpen.
6.      Mendiskusikan praktik membaca cerpen
7.      Melagukan tembang Kinanthi.
8.      Melagukan tembang Pangkur dan Maskumambang.
9.      Mendiskusikan praktik pembawa acara
10.   Mendiskusikan praktik sesorah./pranatacara.
11.   Mempraktikan teks percakapan untuk berbagai keperluan di rumah dan sekolah sesuai dengan unggah-ungguh Jawa.
3.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
3.   Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai bentuk wacana tulis dalam kegiatan pidato/sesorah, pembawa acara/pranatacara, wacana beraksara Jawa dan berbagai karya sastra berbentuk geguritan, parikan, cangkriman, tembang, wangsalan, cerita pendek, paragraf sederhana beraksara Jawa  dalam kerangka budaya Jawa.


  1. Mengungkapkan isi geguritan.
  2. Mengungkapan isi cangkriman
  3. Menanggapi parikan.
  4. Mengungkapkan dan menanggapi isi wacana crita pengalaman
  5. Mengungkapkan dan menanggapi isi wacana peringatan hari besar nasional
  6. Membaca teks cerita wayang
  7. Menanggapi naskah cerita pendek kegiatan sekolah / lingkungan tempat tinggal.
  8. Menanggapi teks pembawa acara/pranata cara kegiatan sekolah/kegiatan di masyarakat.
  9. Menanggapi teks pidato/ sesorah kegiatan sekolah/kegiatan di masyarakat
  10. Membaca paragraf sederhana beraksara Jawa
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
4.    Menulis
Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam  berbagai karya tulis, cerita pengalaman, karangan, teks sesorah, berita aktual , karya sastra dalam bentuk  geguritan, cangkriman,wangsalan,  parikan, prosa (fiksi), cerita wayang, cerita pendek, cerita bergambar paragraf sederhana beraksara Jawa dalam kerangka budaya Jawa.

1.          Mengungkapkan dan menanggapi wacana crita pengalaman.
2.          Menulis karya sastra prosa (fiksi).
3.          Menuliskan kembali pengalaman tentang cerita
4.          Menulis cerkak kegiatan sekolah wayan
5.          Menulis cerkak kegiatan lingkungan tempat tinggal
6.          Menulis teks sesorah kegiatan sekolah.
7.          Menulis teks berita actual etika berlalulintas di jalan umum..
8.          Menulis tanggapan teks berita actual..\
9.          Menulis paragraf sederhana beraksara Jawa
10.       Menyusun teks lisan untuk berbagai keperluan di rumah dan sekolah sesuai dengan unggah-ungguh Jawa.





1 komentar: